Thursday, January 12, 2012

Sekilas pandang :akuntansi Syariah (pendahuluan)

berhubung instansi tempat gue nuntut ilmu g mau dituntut buat nyepetin pengumuman penempatan gue bakalan kerja,dan gue udah sepet jadi pengangguran friksional brengsek yang cuman ngabisin beras,jadi gue mutusin buat Magang di Kantor Akuntan Publik (KAP). Klien pertama tempat gue kudu belajar ini berhubungan ama akuntansi syariah sob,alhasil gue disuruh baca Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAKK) tentang akuntansi syariah..

sekalian gue belajar,sekalian aja gue share ama elu pada yak,dan gue g mau ribet,jadi gue pake bahasa gue sndiri,dan apa yang ada di kepala gue setelah baca nih buku..g boleh protes:)
berhubung gue juga belom begitu megang nih materi,jadi kita bahas pake pertanyaan2 yak,,

Pertanyaan Pertama:apa sih akuntansi syariah itu?

yang gue tangkep,sebenernya pada dasarnya ini sama kayak akuntansi umum,,cuman pelaksanaan usaha perusahaan harus menggunakan prinsip-prinsip islam macem g boleh ada riba',harus halal,,jadi bukan lo kudu pake sorban,,terus kudu ngomong sok2 pake bahasa arab buat jualan,,bukan sob,sama sekali bukan,apalagi lu kudu jualan karpet ama kurma,makin salah kaprah,karena usaha yang digunakan menggunakan syariah,ada beberapa pos yang g gue temuin,kayak interest expense ato revenue,dan ada beberapa pos yang g gue temuin di akuntansi umum buat beberapa bidang usaha ,,ngerti gag sih?semoga ngerti lah ya..

Pertanyaan kedua: Siapa sih pengguna dari laporan keuangan di perusahaan dengan prinsip syariah gini?

ini juga g beda kok sob,,
1.investor
2.Pemberi dana Qardh(yang gue tangkep ini kayak pemberi pinjaman gitu)
3. Pemilik dana syirkah temporer(ini kayak nasabah kalo itu bank,,tpi diserahkan untuk dikelola,ada sistem bagi hasilnya juga)
4.Pemilik dana titipan (kalo ini nasabah umum,dia bisa ngambil duit kapan aja,,jadi dana titipan ini liquid banget)
5.pembayar dan penerima zakat,sedekah,infak,dan wakaf(ini bedanya,,dan mnurut gue ini keren)
6.pengawas syariah
7.karyawan
8.pemasok dan mitra usaha lain
9.pelanggan
10.pemerintah
11.masyarakat

pertanyaaan 3: Asas Transaksi syariah itu apa aja sih?
1.persaudaraan (ukhuwah): 
2.keadilan ('adalah) dengan adanya asas ini maka transaksi syariah melarang:
-riba:baik nasiah maupun fadhl
(riba nasiah:memberikan bunga ketika ada penangguhan hutang bagi peminjam,riba fadhl:memberikan kelebihan untuk penjualan barang sejenis dengan kualitas berbeda.contoh:setengah kilo emas berkualitas baik ditukar satu kilo emas kualitas buruk)
-kezaliman:merugikan diri sendiri,orang lain,atau lingkungan
-maysir : unsur judi/spekulatif
-gharar : ketidak jelasan,baik harga,barang,waktu pengiriman barang,dan lain-lain.termasuk mnjual trnk yg masih dalam kandungan
-haram
3.kemaslahatan(maslahah)
4.keseimbangan (tawazun)
5 universalisme (syumuliah)

Pertanyaan 4: apa sih Tujuan dibikinnya laporan keuangan ini?

Tujuan utamanya sih cuman satu,menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan,kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu entitas syariah yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

dalam pembuatan laporan keuangan ini asumsi dasarnya akrual sama going concern (kelangsungan usaha)

Pertanyaan 5: karakteristik kualitatif laporan keuangan apaan?
yg pasti karakteristiknya g seunik para jomblo yg milih pacar muluk tapi g ada yg nerima..
kalo laporan keuangan ini karakteristiknya antara laen,
-dapat dipahami
-relevan (berguna dalam pengambilan keputusan para pengguna laporan keuangan)
-materialitas(seberapa berpengaruhnya suatu salah saji dr laporan keuangan)
-keandalan-tidak menyesatkan pengguna laporan keuagan
-penyajian jujur
-substansi transaksi mengungguli bentuk hukumnya
-netralitas>>lap.keuangan ga boleh mihak pihak manapun!!MERDEKA!!!
-pos yg ga pasti macem piutang tak tertagih,tuntutan di masa depan,harus dipertimbangkan hati2
-kelengkapan
-dapat dibandingkan,baik dengan laporan taun lalu maupun dengan perusahaan lain yg sejenis..

pertanyaan 6:buat bikin informasi yang relevan dan andal kendalanya apa aja?

1.waktu.pembuatan laporan keuangan dibatasi waktu,kalo ditunda bisa jadi laporan itu ga relevan lagi.
2biaya dan manfaat.jadi dalam pembuatan laporan keuangan ini manfaatnya kudu lebih besar dari biayanya,,jangan sampe karena ngejar kudu sempurna tuh laporan keuangan,perusahaan sampe gulung tikar saking mahalnya
3.penyajiannya kudu wajar,dalam hal ini terkadang hal2 yang ga material diiabaikan,,g perlu semua ditulis,asalkan wajar,no body's perfect kan ya,karena itu kadang ada informasi yang g tersampaikan..

anjiirr,,capek juga nulis begini yak ternyata..

pertanyaan 7:terus isi laporan keuangannya apa aja?bedanya apa ama laporan keuangan biasa?


-laporan posisi keuangan
-laporan laba rugi
-laporan arus kas
-laporan perubahan ekuitas
-laporan sumber dan penggunaan dana zakat
-laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan


yg gue tebelin itu yg beda ama lap keuangan biasa..

di laporan keuangannya bagian neraca ada yg namanya dana syirkah..uda gue jelasin diatas yak..yg gue tangkep kyk gitu,,klo salah mohon koreksi..
sebenernya masih banyak lagi,termasuk penjelasan per pos,,tapi gue kudu baca lagi,ntar kita share bareng,,kalo ada yang salah mohon di comen di bawah,,ntar saya edit ,,thx:)

ini gue ambil dari PSAK 101 dengan penafsiran gue sendiri..kalo ada yang salah saya mohon dikoreksi yak..



0 comments :

Post a Comment

Twitter Bird Gadget