Wednesday, February 27, 2013

Modul Pelaksanaan Anggaran Bab 1 dan 2



Kemaren gue diminta bikin soal buat semacem ujian gitu lah,entah ujian apaan,tapi gue dikasih modul pelaksanaan anggaran,bersyukurnya adalah,gue udah sempet lupa ama pelajaran-pelajaran masa susah di stan candradimuka dulu,,sekarang lebih banyak molor daripada belajarnya,,dulu juga ga lebih banyak sih belajarnya,kita mulai sekarang,,ngebagi apa yang gue pelajarin,sekalian gue nyatet,nginget2..ibarat pepatah, sekali merayu,dua tiga cewek melewati,g ada yang nyantol

Pertama,kita buka dengan DIPA.


BAB 1 dan 2
PENDAHULUAN DAN DAFTAR ISIAN PELAKSANAAN ANGGARAN (DIPA)


DIPA itu kependekan dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran, for your information, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran itu kepanjangan dari DIPA...
Bisa diistilahkan,DIPA itu rencana tertulis dari apa-apa yang lo rencanain bakalan lo lakuin setaun ke depan beserta rincian penerimaan yang kemungkinan bakalan elu terima,dan anggaran yang elu perluin buat mewujudkan cita-cita elu setaun itu. semacam proposal yang lu kasih ke bokap buat minta uang jajan lu laah,, bahasa rumitnya gini:
                “Wujud dokumen pelaksanaan anggaran yang berlaku mulai tahun anggaran 2005 berupa daftar isian yang memuat uraian sasaran yang hendak dicapai, fungsi, program dan rincian kegiatan, rencana penarikan dana tiap-tiap bulan dalam satu tahun serta pendapatan yang diperkirakan oleh kementerian negara/lembaga, sehingga dokumen pelaksanaan anggaran tersebut disebut Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau disingkat DIPA.”

Gue bingung buat ngejelasin,jadi gue coba cari gambarnya,dan hasilnya malah kayak gini...

hasil gambar buat DIPA
jadi bayangin aja DIPA itu cewek india cantik yang dadah2 di depan elu,,hahhahahaa

DIPA itu kayak buku cerita,isinya terdiri dari bab-bab kayak novel,ada 4 bab dalam DIPA,kami nyebut itu sebagai DIPA halaman 1 sampe 4.

DIPA halaman 1 dibagi 2,1A dan 1B. halaman 1A isinya informasi umum dari satuan kerja,dan hal 1B isinya tentang rincian fungsi, program,dan sasaran serta indikator keluaran masing-masing kegiatan,,jadi halaman 1 ini semacam perkenalan dan hal-hal yang menjadi acuan kenapa lu ngajuin anggaran itu,

DIPA halaman 2,isinya informasi setiap satker,beserta uraian kegiatan dan volume keluaran, juga alokasi dana pada masing-masing belanja yang bakal di munculkan pada setiap mata anggaran keluaran.
rinciannya sebagai berikut:
a. DIPA Kementerian /Lembaga (K/L) : meliputi belanja pegawai,belanja barang,belanja modal,belanja bantuan sosial,dan belanja lain-lain
b. DIPA perimbangan keuangan negara : meliputi belanja daerah Dana Alokasi Umum (DAU) belanja daerah Dana Alokasi Khusus (DAK), belanja daerah Dana Bagi Hasil, Belanja Daerah Dana Penyesuaian, dan belanja daerah Dana Otonomi Khusus.
c. DIPA pembayaran bunga utang dan hibah, meliputi belanja bunga utang dalam negeri, belanja bunga utang luar negeri, penerusan pinjaman dan belanja hibah.
d. DIPA subsidi dan transfer berisi belanja subsidi
e. DIPA pembiayaan,meliputi Pembiayaan dalam negeri, pembiayaan luar negeri, penerusan pinjaman,dan penyertaan modal pemerintah 

DIPA halaman 3,isinya informasi tentang rencana penarikan dana dan penerimaan negara bukan pajak yang jadi tanggung jawab dari setiap satuan kerja..yang perlu diperhatikan oleh satuan kerja adalah hal-hal berikut:
a. buat belanja pegawai,rencana penarikan pegeluaran per bulan adalah seperdua belas dari pagu gaji satu tahun,,soalnya kan setaun dua belas bulan *yaiyalaah-__________-"
b. sedangkan buat belanja barang dan modal,memperhatikan kebutuhan berdasar rencana penarikan dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang meliputi rencana penarikan uang persediaan dan rencana penarikan langsung setiap bulan.

DIPA hal 4,isinya catatan-catatan yang perlu diperhatikan oleh pelaksana kegiatan.

lanjutt ke jenis2nya..

DIPA itu dikelompokkan jadi dua kelompok besar,DIPA kementerian/Lembaga dan DIPA Pembiayaan dan Perhitungan

DIPA Kementerian/lembaga dibagi lagi jadi beberapa jenis:
1. DIPA satker pusat/Kantor pusat
2. DIPA satker kantor vertikal(semacam kantor cabang di daerah gitu)
3. DIPA dana dekonsentrasi
4. DIPA tugas perbantuan

DIPA ANggaran Pembiayaan dan Perhitungan dikelola oleh menteri keuangan dan penggunaannya bersifat khusus, juga nggak termasuk dalam anggaran Kementerian negara/lembaga/pemerintah daerah,meliputi:
 DIPA Belanja Pemerintah pusat,meliputi:
1.   Cicilan Bunga Utang (BA 061)
2.   Subsidi dan Transfer ( BA 062)
3.   Belanja Lain-lain (BA 069)

4.   Penerusan Pinjaman sebagai Hibah (BA 101)
DIPA Belanja Daerah,meliputi:

1.   Dana Perimbangan (BA 070)
2.   Dana Otonomi khusus dan Penyesuaian ( BA 071)
DIPA Pembiayaan,meliputi:
1.   Pembayaran Cicilan Pokok Utang Luar Negeri (BA 096)
2.   Pembayaran Cicilan Pokok Utang Dalam Negeri (BA 097)
3.   Penerusan Pinjaman Sebagai Pinjaman (BA 098)
4.   Penyertaan Modal Negara (BA 099)
5.   Penerusan Pinjaman sebagai Hibah (BA 101)
6. Penerusan Hibah sebagai Hibah (BA 102)
DIPA khusus,untuk keperluan darurat dan mendesak,seperti penanganan bersifat darurat(gue juga ga ngerti ini maksudnya apa) dan kegiatan politis untuk menjaga kredibilitas pemerintah.

PRINSIP PEMBAYARAN ATAS BEBAN DIPA,karena semua orang harus punya prinsip,kayak gue jomblo itu karena prinsip,prinsip pembayaran atas beban dipa kayak gini:

1. DIPA itu berlaku sebagai dasar pelaksanaan pengeluaran Negara setelah disahkan oleh Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN)
2. Alokasi dana pada DIPA adalah batas pengeluaran tertinggi negara,jadi kalo dalam kegiatannya,dana yang ada tidak cukup,maka kegiatan tidak dapat dibiayai,yaiyalah,g ada duitnya..
3. khusus untuk pembayaran gaji dan tunjangan yang ada pada gaji,sebenernya sih ga logis kalo ga cukup,karena dana ini rutin keluar,jadi bisa diprediksi pengeluarannya,tapi kalo emang kejadian ga cukup dananya,pembayaran gaji bisa dilaksanain sebelum dilakukan perubahan /revisi DIPA

modul yang gue baca ini ada 6 bab di dalemnya,kalo gue langsung nerangin di sini,bisa lo banting kompi ato laptop elu pada,,
efek sampingnya ke badan elu terlalu besar,,jadi mendingan kita pisahin aja ya,,:)

0 comments :

Post a Comment

Twitter Bird Gadget